Kegiatan

KEGIATAN HIMPUNAN MAHASISWA MESIN FAKULTAS TEKNIK

HMM-FT 2018

Berdirinya Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik (HMM-FT) Universitas Trunojoyo Madura telah berperan baik dalam mewadahi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dalam rangka membangun Program Studi Teknik Mesin Universitas Trunojoyo Madura. HMM-FT memiliki beberapa program kerja organisasi yang direncanakan dapat dilaksanakan selama tahun kepengurusan HMM-FT 2018. Berikut merupakan program kerjaorganisasi HMM-FT tahun Kepengurusan 2018 :

  1. Diklat Pengurus HMM-FT

Diklat Pengurus Himpunan Mahasiswa Mesin – FT diadakan guna mempersiapkan dan melatih para peserta diklat agar menjadi pengurus yang loyal pada HMM-FT dan memiliki rasa solidaritas yang tinggi didalam kepengurusan HMM-FT. Setelah melewati acara diklat ini diharapkan para pengurus HHMM-FT menjadi pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan lebih bisa bertanggung jawab, serta loyal terhadap himpunan selama satu periode kepengurusannya.

         2. Open Talk Teknik Mesin

Kegiatan Open Talk diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh HMM-FT dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Mesin UTM dari seluruh angkatan dan birokrat prodi Teknik Mesin untuk mempererat tali silaturahmi anatar mahasiswa dan dosen-dosen dan memjembatani aspirasi-aspirasi dari mahasiswa untuk birokrat prodi Teknik Mesin UTM.

         3. Pelatihan Inventor

Pelatihan Inventor yang diadakan oleh HMM-FT dan diperuntukkna pada pelajar SMK di Bangkalan. Acara ini merupakan bentuk pengadian masyarakat dari HMM-FT yang mana dalam hal ini HMM-FT melakukan pelatihan-pelatihan ke SMK di Bangkalan dengan mengenalkan sebuah softwere menggambar desain teknik yaitu Autodesk Inventor. Dengan adanya pelatihan ini pelajar SMK di Bangkalan dapat mengoprasikan softwere gambar teknik ini dan memanfaatkan dalam kehidupan sekolah mereka.

Acara ini juga diadakan dengan tujuan mempromosikan Program Studi Teknik Mesin UTM yang sebenarnya masih baru didirikan ke sekolah-sekolah di Bangkalan, sehingga diharapkan dengan adanya acara pelatihan ini Teknik Mesin UTM dapat lebih dikenal dan dimanati untuk menjadi program studi tujuan bagi pelajar SMK di bangkalan.

         4. Inventor Kompetisi (TORSI)

Teknik Mesin adalah himpunan atau jurusan yang memiliki usia yang sangat muda. Dalam pembelajaran mengenai dunia design, Himpunan Teknik Mesin juga memiliki program kerja tahunan yang merupakan proker yang besar dari proker lainnya.

Proker ini adalah “Lomba Desain Inventor Tingkat SMK se-Madura” dimana  ini merupakan kelanjutan dari acara pelatihan Inventor yang sebelumnya sudah kami laksanakan. Dari acara ini kami Himpunan Mahasiswa Mesin berharap Pelajar SMK di Madura dapat belajar dan bersaing dalam kompetisi yang kami adakan ini. Acara ini juga merupakan bentuk promosi Teknik Mesin Universitas Trunojoyo Madura kepada pelajar SMK diseluruh Madura.

Kami sebagai mahasiswa Teknik Mesin yang berlandaskan Teknologi mempunyai beberapa tahapan dalam “Lomba Desain Inventor Tingkat SMK se-Madura” dan hal ini tidak menyimpang dari ilmu bidang Teknik Mesin.

         5. PISTON (Penganalan Studi dan Organisasi Teknik Mesin)

Untuk mencetak mahasiswa yang berintelektual tinggi dan siap dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era globalisasi ini, tidak cukuplah kiranya mahasiswa sebagai tulang generasi penerus dibekali dengan teori atau bidang keilmuan yang ada di bangku perkuliahan.Tetapi alangkah baik jika sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa mulai membuka mata untuk melihat bagaimana luasnya wawasan dunia dan membudayakan untuk membaca adalah salah satu kunci untuk membuka jendela pengetahuan.

Menumbuhkan minat mahasiswa merupakan aspek penting, demi mewujudkan insan Indonesia yang berwawasan luas dan berdaya saing tinggi di mata dunia. Atas dasar itulah panitia meangadakan sebuah acara “PISTON (Pengenalan Studi dan Organisasi Teknik Mesin)” guna memperkenalkan berbagai kegiatan akademik maupun non akademik yang mampu menunjang minat dan bakat yang di mliki individu-individu mahasiswa baru teknik mesin 2018.

         6. Diesnatalis HMM-FT

Dies natalies himpunan mahasiswa mesin pertama merupakan bentuk kegiatan HMM dengan tujuan  sebagai bentuk rasa syukur atas terbentuknya Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), dan mempererat tali silaturahmi antar angkatan Teknik Mesin UTM, serta diharapkan terbentuknya solidaritas yang merupakan slogan dari Teknik Mesin sendiri. Dalam rangka perayaan Diesnatalis Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) memberikan kesan sederhana namun tetap eklusif. Hal ini mengibaratkan bahwa HMM memiliki ciri khas sederhana namun tetap membawa citra eksklutif dalam menjalankan berbagai program kerja. Selain itu, perayaan ini sebagai penyaluran bakat dan kreativitas mahasiswa mesin yang diberi wadah untuk memeriahkan acara ini, seperti bernyanyi, bermain musik, dan lain sebagainya.